Tugu yang lokasinya tidak jauh dari Jembatan I Dompak ini, merupakan salah satu ikon Tanjungpinang yang tengah populer di kalangan anak muda. Tugu yang dibangun oleh Pemerintah Provinsi Kepri melalui Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kepri ini dilengkapi dengan fasilitas seperti taman rumput, lampu disekitaran bundaran, Tugu Provinsi beserta air mancur, menjadikan tempat ini menarik untuk dikunjungi masyarakat.
Disekitar taman tersebut, banyak pedagang yang menjual makanan dan minuman sehingga membuat pengunjung betah untuk berlama-lama di taman Tugu Provinsi Kepri sambil berswafoto mengabadikan indahnya pemandangan tugu ini.
Pada tugu terdapat perahu berwarna kuning. Yang menjadi simbol alat transportasi masyarakat Kepulauan Riau dengan layar berwarna putih yang terkembang. Ditengahnya ada gambar sebilah keris berwarna kuning emas berhulu kepala burung serindit warna hitam. Keris bersanding dengan padi berwarna kuning berjumlah 24 butir, dan kapas berwarna hijau dan putih sebanyak sembilan kuntum.
Sementara itu, mata rantai berwarna hitam berjumlah 32 yang berlatar belakang warna hijau muda melambangkan kebersamaan masyarakat Provinsi Kepulauan Riau. Pada bagian bawah, pita berwarna kuning bertuliskan “Berpancang Amanah Bersauh Marwah” merupakan moto daerah yang mengandung semangat dan masyarakat Provinsi Kepri.