Menjelajah destinasi wisata di Kota Tanjungpinang kurang lengkap rasanya jika belum mampir ke salah satu pusat kuliner di Kota Tanjungpinang, yaitu Akau Potong Lembu. Sebutan potong lembu itu sudah ada sejak tahun 1960-an karena memang di daerah itu tadinya ada rumah jagal pemotongan lembu, berawal ketika masa konfrontasi, Tanjungpinang putus hubungan dengan Malaysia dan Singapura, sehingga Angkatan Laut (bagian Koperasi) di Tanjungpinang untuk memenuhi kebutuhan daging sapi harus mengimpor sapi dari Madura. Sapi dan lembu disimpan dan dipotong di Jalan Potong Lembu ini. Sedangkan nama Akau diambil dari nama seorang Tionghoa, biasa disapa A-kau, penjual kopi tiam awal tahun 60-an. Seduhan kopi A-kau ini terkenal enak di kalangan pecinta kopi di zaman itu, sehingga membuat nama A-kau semakin populer. Kemudian banyak pedagang yang mulai usaha mengikuti A-kau di kawasan yang sama. Begitulah, masyarakat setempat mengenal Akau sebagai tempat ngopi yang enak. Sempat beberapa kali dipindah, sebelum akhirnya Akau berada di kawasan sekarang ini.
Berbagai pilihan penjual dengan ragam menu makanan khas Nusantara bahkan hingga Chinese food juga dapat dinikmati di Akau Potong Lembu. Ciri khas dari Akau Potong Lembu adalah sajian makanannya yang segar, terutama untuk golongan seafood, seperti sop ikan, cumi – cumi, ikan bakar, serta Gong Gong yang merupakan makanan laut khas Kepulauan Riau. Selain itu tersedia juga makanan lain seperti Mie Lendir, Nasi Goreng Terasi, Ekang – Ekang, Mie Miskin, dan lain-lain. Berbagai jenis minuman seperti kopi O, the obeng, cendol dan masih banyak lagi lainnya juga dapat dinikmati disini.
Pusat wisata kuliner terkenal yang ada di Tanjungpinang ini buka mulai pukul 16.00 WIB sampai dengan pukul 00.00 WIB. Pada hari – hari tertentu, jam tutup bisa lebih lama dari biasanya, hingga pukul 02.00 WIB. Para pengunjung tidak dikenakan biaya untuk tiket masuk, cukup membayar menu makanan serta minuman yang dipesan saja di pusat kuliner ini.