Pemerintah Kota Tanjungpinang menetapkan Gedung Gonggong sebagai salah satu dari Destinasi Pariwisata Unggulan Daerah Kota Tanjungpinang. Gedung yang terletak di kawasan Tepi Laut, tidak jauh dari Pelabuhan Sri Bintan Pura, tepatnya didepan Dekranasda Provinsi Kepri ini diresmikan pada bulan Oktober 2016 oleh Bp. Arief Yahya (Menteri Pariwisata) didampingi oleh Gubernur Kepri, Bp. Nurdin Basirun dan Walikota Tanjungpinang, Bp Lis Darmansyah. Gedung ini digunakan sebagai Tourist Information Center (TIC) atau pusat informasi bagi wisatawan.
Sesuai dengan namanya, bentuk gedung ini cukup menarik, berbentuk lingkaran, menyerupai gonggong berwarna emas. Dindingnya terbuat dari kaca yang nampak gelap dari luar. Terdiri dari dua lantai, dilengkapi dengan televisi yang menampilkan selayang pandang Tanjungpinang. Di lantai basement terdapat toko oleh-oleh yang menjajakan makanan dan kerajinan khas Tanjungpinang. Gonggong sendiri merupakan hewan laut, sejenis siput bercangkang khas Kota Tanjungpinang yang disukai oleh masyarakat lokal, wisatawan domestik dan mancanegara.
Letaknya yang strategis berhadapan dengan laut Laman Boenda banyak menarik perhatian pengunjung yang ingin berolahraga atau hanya ingin menikmati suasana tepian laut. Taman Laman Boenda sendiri dilengkapi dengan fasilitas tempat duduk, wahana bermain untuk anak dan banyak spot foto menarik yang sayang kalau dilewatkan. Jika sore menjelang, disekitar Taman Laman Boenda banyak pedagang yang siap menggelar dagangannya sampai malam hari. Tempat sampah pun juga sudah tersedia. Jadi sebagai pengunjung kita wajib menjaga kebersihan area laman Boenda ya.