Jalan masuk ke kolam renang ini terletak 300 meter setelah pintu masuk Pantai Pongkar dan nyaris berhadapan dengan jalan masuk Pantai Ketam. Letaknya di sebelah kiri jalan. Ada plang nama kecil aebagai penunjuk jalan, di sebelah sebuah tempat pemakaman umum. Jalan masuknya masih tanah, belum di aspal dan agak menurun dan curam, sepertinya di butuhkan kehati-hatian bila datang setelah hujan turun.
Pengunjung datang dalam rombongan baik keluarga atau bersama teman, banyak yang berpiknik di tepian kolam baik dengan membawa makanan sendiri atau hasil jajan di beberapa warung yang menyediakan makanan ringan semacam gorengan, sosis bakar dan lain-lain.
Kolam renangnya dibuat bertingkat. Satu kolam anak-anak dengan kedalaman sekitar sebetis orang dewasa dan kolam utama yang lebih besar diatasnya. Kolam utama ini bentuknya asimetris dengan tiga kedalaman yaitu kira-kira sepinggang saya, sedada dan dua meter (tinggi badan saya 163 cm). Keistimewaannya ialah air kolam ini mengalir langsung dari Gunung Jantan. Mata air dialirkan langsung ke kolam utama yang debit air per detiknya lumayan menarik minat pengunjung karena membentuk “air terjun” buatan. Airnya benar-benar terasa sejuk dan segar khas air pegunungan.