Kunjungan Kerja Komisi 1 DPRD Bangka Tengah ke Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau

Kunjungan Kerja Komisi 1 DPRD Bangka Tengah ke Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau

Selasa, 10/09/2019
Dompak – Diterima oleh Kepala bidang kelembagaan Dispar Prov Kepri, ibu “Handayani”,dan eselon III dan IV beserta staf dinas pariwisata lain nya, kunjungan kerja yang dilakukan oleh Komisi 1 DPRD dari Bangka Tengah Kepulauan Bangka Belitung ini banyak membahas segala sektor dibidang pariwisata.
Berbagai pembahasan, pertanyaan dan jawaban serta kebijakan yang di ambil terangkum dalam pertemuan kunjungan kerja ini.

Kunjungan kerja ini yang diketuai oleh Wakil Ketua DPRD Bangka Tengah, bpk ” Apri Panz
upi, S.E, dengan beranggotakan 9 orang antara lain hadir juga bpk ” Me Hoa, S.H, M.H, “, Ketua Komisi 1 DPRD Bangka Tengah, beserta anggota lain nya.
Berawal dari pertanyaan disektor sadarwisata sampai ke para pelaku atraksi pariwisata, segala pertanyaan serta jawaban berjalan dengan lancar dan terpuaskan dikedua pihak OPD yang bersangkutan ini.

Salah satu nya pertanyaan yang dilontarkan dari Komisi 1 DPRD ini adalah, ” apakah para pelaku atraksi pariwisata ini telah diberikan apresiasi, reward atau suatu bentuk penghargaan yang diberikan kepada mereka? “
“Baru – baru ini Dinas Pariwisata Provinsi Kepri menggelar sebuah kegiatan ” Malam Anugerah Pariwisata”, yang merupakan sebuah ajang apresiasi atau reward bagi para insan atau pelaku yang bergerak dibidang pariwisata baik itu dalam pengenalan serta pelestarian sehingga terwujudnya sebuah pengembangan disektor budaya dan wisata, dimana kesejahtraan ekonomi masyarakat daerah sangat terbantukan, “ungkap ibu Handayani”.

Pengembangan pariwisata satu alur dirjen dengan Pariwisata Provinsi Kepri, Bangka Tengah kepulauan Bangka Belitung yang dikenal sebagai penghasil tambang timah yang besar ini dalam keadaan transisi, dari pihak pemerintahan bekerja keras untuk mengembangkan dan mengubah masyarakat untuk tidak bergantung selamanya terhadap hasil ekonomi dari sektor pertambangan, memutar otak baik itu dalam struktural maupun organisasi sehingga para dikma terbantu untuk meningkatkan kesejahtraan ekonomi masyarakat daerah itu sendiri terkhusus nya dibidang pariwisata, yang tidak instan tentunya.

Langkah awal yang dilakukan oleh pemerintah Bangka Tengah Kepulauan Bangka Belitung ini adalah mengubah pola pikir masyarakat daerah akan pentingnya sektor pariwisata dan budaya, terkhusus nya menciptakan para insan pariwisata, dimana nantinya akan mengundang kehadiran para wisatawan baik dari wisnus maupun wisman ke Bangka yang lebih ramai sehingga sektor perekonomian dan kesejahteraan masyarakat dapat berkembang dan maju. Ke eksostik nya pulau Bangka ini juga sudah masuk dimedia sosial maupun elektronik sehingga menimbulkan penasaran bagi wisnus maupun wisman untuk berkunjung ke kepulauan Bangka Belitung, tapi itu tidak lepas dari kerjasama dan antusias pemerintahan dan masyarakat daerah setempat untuk bagaimana mengembangkan serta memajukan daerah tersebut menjadi pebih menarik dan menimbulkan decak kagum pengunjung.

Bertukar cara pola pikir dan sistim dalam pengembangan pariwisata daerah telah dilakukan pemerintah ke berbagai daerah, yang salah satunya ke pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau ini, sangat membantu dalam menindaklanjuti program wisata yang akan kami lakukan di kepulauan Bangka Belitung nanti nya, “ungkap Bpk Apri Panzupi ini. (**).