Pesta Seni Budaya Melayu di Festival Pulau Penyengat 2019

Pesta Seni Budaya Melayu di Festival Pulau Penyengat 2019

Pelaksanaan Festival Pulau Penyengat 2019 dimulai hari ini, Kamis 14 Februari 2019 dimulai dengan pembukaan acara yang dihadiri oleh Gubernur Kepri, Bp Nurdin Basirun, Walikota Tanjungpinang, Bp. H. Syahrul, perwakilan dari Kementerian Pariwisata, Bp. Roseno Arya, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, Bp. Buralimar, Plt. Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kota Tanjungpinang, Bp. Syafarudin, Konjen RI Johor Bahru Haris Nugroho, Wakil Walikota Tanjungpinang Hj Rahma, Perwakilan FKPD, Sejumlah Kepala OPD, Ketua LAM Kepri H Abdul Razak, Perwakilan Balai Pelestarian Budaya Wilayah Kerja Sumbar Riau Kepri Agus Tri Mulyono beserta tamu undangan lainnya.

Bp. Nurdin Basirun mengatakan keberadaan Pulau Penyengat dengan budaya Melayu yang kental tidak hanya menjadi potensi pariwisata namun juga menjadi identitas kebanggaan daerah yang harus terus dijaga dan dilestarikan. Oleh karena itu diharapkan kerjasama dari seluruh pihak agar potensi alam dan budaya lokal Pulau Penyengat dapat dikemas lebih menarik lagi.

Sementara itu, Bp. H Syahrul mengatakan perhelatan Festival Pulau Penyengat merupakan bentuk upaya untuk melestarikan tradisi yang telah melekat dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan yang mengakar pada masyarakat Tanjungpinang dari masa ke masa. Diharapkan Pulau Penyengat sebagai salah satu fokus untuk terus dikembangkan dengan beragam inivasi dan kreasi. Selain itu, Bp. H. Syahrul juga akan mengusulkan ke Pusat agar menjadikan Pulau Penyengat sebagai Warisan Budaya Dunia.

Seperti juga yang disampaikan oleh Bp. Resona Arya bahwa Festival Pulau Penyengat sendiri telah masuk dalam Top 100 Kalender Iven Pariwisata Nasional Tahun 2019 di Indonesia. Diharapkan selain dapat menarik kunjungan wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri, meningkatkan pendapatan penduduk lokal juga dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Pulau Penyengat khususnya. Festival Pulau Penyengat 2019 diselenggarakan pada 14 – 18 Februari 2019 yang dipusatkan di Balai Adat Melayu Pulau Penyengat dan Balai Desa Pulau Penyengat.

Serangkaian acara telah dipersiapkan untuk memeriahkan festival ini seperti Pagelaran Festival Tari Dangkong, Lomba Dayung, Lomba Dayung Bantal di Laut, Lomba Tangkap Bebek di Laut, Lomba Pawai Budaya, Kuliner, Berzanji, Pangkak Gasing, Kompak Kreasi Remaja, Berbalas Pantun, Lagu Melayu, Gurindam dan Kompetisi Becak Motor Dekoratif. Festival Pulau Penyengat juga akan dimeriahkan oleh penampilan dari artis Iyeth Bustami yang akan tampil pada tanggal 17 Februari 2019 di Balai Adat Melayu Pulau Penyengat. (Mer)