DINAS PARIWISATA Provinsi Kepulauan Riau dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi Kepulauan Riau Nomor 7 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Provinsi Kepulauan Riau (Lembaran Daerah Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2016 Nomor 7, Tambahan Lembaran Daerah Provinsi Kepulauan Riau Nomor 41)

Berdasarkan Peraturan Gubernur Kepulauan Riau Nomor : 59 Tahun 2017 tentang Kedudukan,Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi, serta Tata Kerja Perangkat Daerah (Berita Daerah Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2017 Nomor 437).

DINAS Pariwisata mempunyaiTUGAS :

Membantu Gubernur melaksanakan urusan Pemerintahan di bidang Pariwisata yang menjadi kewenangan Daerah dan Tugas Pembantuan yang ditugaskan kepada Daerah Provinsi.

DINAS Pariwisata menyelenggarakanFUNGSI :

  1. Perumusan kebijakan di bidang Sekretariat, Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata, Pengembangan Pemasaran Pariwisata, Pengembangan Kelembagaan Pariwisata, Pengembangan Ekonomi Kreatif;
  2. Pelaksanaan kebijakan di bidang Sekretariat, bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata, Pengembangan Pemasaran Pariwisata, Pengembangan Kelembagaan Pariwisata dan Pengembangan Ekonomi Kreatif;
  3. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan di bidang Sekretariat, bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata, Pengembangan Pemasaran Pariwisata, Pengembangan Kelembagaan Pariwisata, dan Pengembangan Ekonomi Kreatif;
  4. Pelaksanaan administrasi dinas di bidang Sekretariat, bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata, Pengembangan Pemasaran Pariwisata, Pengembangan Kelembagaan Pariwisata, dan Pengembangan Ekonomi Kreatif; dan;
  5. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh gubernur terkait dengan tugas dan fungsinya.

Untuk menyelenggarakan FUNGSI Dinas Pariwisata mempunyai rincian tugas :

1.Merumuskan program kerja di lingkungan Dinas Pariwisata berdasarkan rencana strategis Dinas Pariwisata;

2.Mengkoordinasikan pelaksanaan tugas di lingkungan Dinas Pariwisata;

3.Membina bawahan di lingkungan Dinas Pariwisata;

4.Mengarahkan pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Dinas Pariwisata;

5.Merumuskan kebijakan teknis, fasilitasi, koordinasi serta pembinaan teknis bidang Sekretariat;

6.Merumuskan kebijakan teknis, fasilitasi, koordinasi serta pembinaan teknis bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata;

7.Merumuskan kebijakan teknis, fasilitasi, koordinasi serta pembinaan teknis bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata;

8.Merumuskan kebijakan teknis, fasilitasi, koordinasi serta pembinaan teknis bidang Pengembangan Kelembagaan Pariwisata;

9.Merumuskan kebijakan teknis, fasilitasi, koordinasi serta pembinaan teknis bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif;

10.Mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Dinas Pariwisata;

11.Menyusun laporan pelaksanaan tugas di lingkungan Dinas Pariwisata dan ;

12.Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan pimpinan baik lisan maupun tertulis.